Sunday, April 11, 2021

Dimanusiakan...

 







Setiap istirahat sekolah aku berlari ke kantin bersama teman teman. Kami biasa makan sambil istirahat. Tapi tidak bagi Bayu. Dia pergi ke dekat pintu gerbang sekolah. Dia jual pempek. Setelah usai jam istirahat, dagangnnya dititipkan kepada babak tua pedagang bakso. Dia kembali ke kelas. Sepertinya hubungan Bayu dengan pedagang bakso hubugan orang kelas bawah. Yang saling menjaga dan percaya. Bayu teman SMP ku. Kami dari SD sekalas. Waktu SD jam istirahat dia jualan kerupuk di halaman sekolah. SMP, dia jualan pempek di halaman sekolah. Pulang sekolah dia jualan Es Balon dan Pempek di tempat olah raga. 


Bayu pintar sekolah khususnya matematika. Lainnya dia memang kurang. Namun dia tidak pernah punya masalah dengan temannya. Walau dia sering diejek karena pakaianya tambalan namun dia tak pernah tersinggung.. Dia hanya punya satu sepatu. Olah raga dia bertelanjang kaki. Karena dia tak mampu beli sepatu olah raga.Walau para wanita di kelas tidak pernah menegur Bayu, aku kadang suka juga menegurnya. Bahkan beli pempek dagangannya.
Suatu saat kami sedang olah raga di lapangan umum di luar sekolah. Ada ada preman menganggu kami. Anak pria semua lari ketakutan. Tapi tidak bagi Bayu. Dia hadapi anak preman itu. Anak preman itu lari setelah melihat kepala bayu berdarah.


“ Aku engga apa apa. Rum. “ Kata Bayu berusaha berdiri. Aku menangis. Itu karena dia berusaha melindungi kami para perempuan dari anak berandal. Sikunya berdarah. Dari kepalanya keluar darah karena kena pukulan kayu. Tetapi Bayu petarung sejati. Dia berhasil membuat pengeroyoknya tidak ingin melanjutkan perkelahian. Dua dari mereka tejatuh.


“ Aku kasihan dengan ibuku. Ini dagangan untuk bantu ibuku menghidupi kami” Kata Bayu dengan sedih menatap pempek yang bertebaran di jalan. Termos es hancur. Namun Bayu tidak meratap. Hanya airmatanya berlinang.


“ Kamu ke dokter sekarang. Aku panggil supirku datang sekarang. Kamu tunggu !” kataku seraya keluar dari lapangan olah raga ke tempat parkir.


“ Engga perlu Pak. Saya pulang aja. “ Kata Bayu kepada supirku. Dia menutup luka kepalanya dengan kaus bajunya.

“ Pak cepat bawa dia ke Rumah sakit. Dia teman sekelas saya. “ Kataku meraung kepada supirku. Namun Bayu terus melangkah dan menjauh membawa baskom kosong. 


Keesokanya aku bertemu dengan Bayu di kelas. Kepalanya tidak diperban. Aku tanpa sungkan melihat kepala dan sikunya. “ Dikasih kopi Rum. Engga apa apa “ kata Bayu dengan tersenyum. Aku menitikan airmata.


“ Mereka jahat sekali. “Airmataku jatuh.


“ Engga apa apa, Rum “ Bayu tersenyum seakan menguatkan aku bahwa dia akan baik baik saja.


***

Tamat SMP aku masuk sekolah Swasta kristen. Karena aku etnis Tionghoa. Bayu terima di sekolah negeri. Sekolah pavorit. Sejak itu aku jarang bertemu dia. Namun setiap malam minggu aku sering melihat Bayu dagang rokok di kaki lima. Papaku selalu temani aku turun dari kendaraan menyapa Bayu “ Nak rame dagangannya ? Kata papa.


“ Biasa saja Pak. “


“ Ya udah, Saya beli rokok Djisamsoe ya “


Bayu sempat melirikku ketika menyerahkan rokok itu kepada papa. Namun dia cepat sekali menundukan wajah di depanku.


“ Rum, Papa dulu waktu seusia Bayu juga mengalami kehidupan seperti dia. Biasa saja laki laki. “ Kata Papa. Bayu menunduk ketika kami pamit berlalu. Sesudah makan mie bersama papa, aku selalu pesan mie untuk dibugkus, untuk Bayu. Papa hanya duduk di dalam kendaraan melihatku mengantar mie ke Bayu yang sedang dagang di kaki lima. Itu aku lakukan selama tiga tahun setiap malam minggu. “ Kamu berbuat baik itu karena Tuhan. Dan nanti Tuhan juga yang akan membalas kebaikan itu ” Kata Papa. Itu tidak pernah aku lupa.


***

Setamat SMA aku melanjutkan ke univesitas Swasta di Jakarta. Setahun kemudian, keluargaku juga hijrah ke Jakarta. Aku tidak tahu kelanjutan Bayu. Namun kenangan tentang Bayu tidak pernah hilang dalam ingatanku. Setamat Universitas aku bekerja di bank swasta di Jalan Roa Malaka, jakarta. Aku pacaran dengan nasabah bankku. Tiga tahun setelah itu aku menikah. Namun kenangan tentang Bayu tak pernah juga hilang. Apakah aku jatuh cinta dengan Bayu? Ah tidak. Aku hanya merindukan wajah teduh dan tenangnya. Semangat hidupnya tanpa mengeluh. Karakter papa ku ada pada Bayu. 


Usiaku sudah 50 tahun. Seusia itu aku sudah menjanda dua tahun. Suamiku meninggal. Aku harus mengambil alih tanggung jawab melanjutkan usaha suami. Papa udah meninggal. Mama tinggal bersamaku. Usahaku semakin sulit. Karena mendiang suamiku meninggal hutang yang cukup besar. Aku berusaha bertahan. Pertahanku terakhir adalah menyelesaikan utang bank. Agar pabrik tidak disita. Pihak bank berbaik hati untuk menyelamatkan bisnisku. Caranya aku harus bermitra dengan investor. Aku ikhlas. Yang penting aku tidak dibebani hutang. Amanah mendiang suami bisa kutanaikan.


Di hotel bintang Lima aku diatur oleh pihak bank untuk bertemu dengan calon investor yang akan jadi mitraku. Aku datang on time. Tak lebih 5 menit setelah itu, aku melihat pria berjalan kearah tableku. Jantungku berdetak kencang. Betapa tidak. Pria itu adalah Bayu.


“ Rum, kamu? lama ya engga ketemu. Kamu sehat.? Katanya beruntun. Aku perhatikan ada kerinduan pada wajah Bayu. Dia tetap menaruh hormat kapadaku seperti waktu SMP dulu.


“ Aku baik saja. Kamu sehat ?


“ Aku sehat. Kamu sendirian ? boleh aku gabung sebentar. “


“ Oh boleh Bayu. Boleh. “


“ Nanti kalau relasi kamu datang. Aku pergi “ Katanya.


“ Ya. tapi tunggu aku.Jangan pergi. Aku kangen kamu,  Bayu. “


“ Boleh tahu mau ketemu siapa ? Pria ?


“ Perempuan , Ibu Yuni. ?


“ Yuni dari yang di cengkareng. Yang punya pabrik footware di batuceper ?


“ Ya kok kamu tahu ?


“ Ya artinya kamu ketemu aku. Yuni itu direksiku.”


“ Hah..Bayu! Kamu boss nya ?


Bayu hanya tersenyum dengan rendah hati.


“ Ya tadi Yuni cerita soal kerjasama bisnis. Aku putuskan ketemu langsung. Dia engga bisa ikut meeting. Ada urusan lain. “


“ Oh..” Aku kehilangan kata kata.


Bayu tidak jadi bermitra dengaku. Caranya sangat halus memperlakukanku. Dia bantu menyelesaikan masalah hutang lewat skema venture linked MBO. Ya hutang perusahaanku dilunasinya di bank. Pada waktu bersamaan dia terjunkan team untuk merestruktur dan rasionalisasi pabrik. Dukungan pasar internationalnya sangat hebat. Sehingga dalam tiga tahun program MBO selesai. Perusahaan tetap miliku. Produksi pabrik di offtake oleh perusahaan Bayu di China. Aku bisa santai di masa tuaku. Bayu, adalah malaikat  yang Tuhan kirim kepadaku, yang selalu hadir disaat aku sulit.


“ Mengapa kamu baik sekali kepadaku, Bayu?

" Ya tak pernah aku lupakan. Rasa kawatir kamu ketika melihatku terluka. Itu benar benar menginspirasiku. Air matamu itu tidak bisa dihapus dalam pikiranku. Itu akan abadi. Bahwa aku dimanusiakan di tengah kekurangan dan kemiskinanku." kata Bayu. Namun sikap hormatnya tidak berubah kepadaku. Kadang aku risih tetapi itulah Bayuku. Sampai kini kami bersahabat.

4 comments:

Unknown said...

Positive inspiration.
Life in God's way is beautiful. (JS)

Anonymous said...

Ijin share ya Babo…

Anonymous said...

πŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎπŸ‘πŸΎ

Anonymous said...

An almost reallife story , I presume...πŸ’―πŸ’•

Hijrah dari atmosfir kemiskinan

  ” Udah tembus 16 ribu rupiah harga beras sekilo. Gula juga udah tembus 17 ribu rupiah. Cepat sekali berubah harga. Sebentar lagi listrik j...