Monday, May 01, 2023

Tatanan dunia baru.

 



Pesawat sebentar lagi akan landing di Hong Kong International Airport. Pilot menghampiri saya “ B, boleh selfi ? Katanya. Saya tersenyum. “ istri saya minta agar saya selfi dengan anda. Dia ingin pastikan saya menerbangkan anda. Maklum dia penggemar blog anda”


“ Silahkan” Kata saya. Erwin langsung arahkan kamera dalam posisi dia merangkul pundak saya.

 “ Terimakasih B. “ 

“ Saya seusai meeting akan kembali ke Jakarta.”

“ Saya sudah dapat informasi dari Yuan. Siap mengantar anda kemana saja” katanya mengacungkan jempol seraya melangkah ke Cockpit pesawat Bombardier Challenger 605.


Saya melanjutkan baca dokumen yang saya terima kemarin dari George di London. Memang sejarah pergerakan uang sama rumit dan beragamnya dengan sejarah uang itu sendiri. Kisah kapal yang sarat dengan emas batangan, kafilah gurun yang membawa garam atau kulit kerang, truk lapis baja yang diisi dengan uang kertas, cek kertas. Hari ini, uang bergerak melintasi dunia secara kilat lewat SWIFT, GPI, ETF dan lain lain. Kerahasiaan dan anonimitas memainkan peran dalam pergerakan uang. Sistem menawarkan privasi dan perlindungan yang kuat, beberapa sah, beberapa tidak— untuk menjaga profil rendah.


Kombinasi dari pertumbuhan jaringan sosial yang luar biasa, kerumitan sistem dan perangkat lunak peer-to-peer, yang terhubung secara nirkabel mengubah lanskap transaksi keuangan dengan kecepatan dan tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat ini, transaksi semacam itu dapat dilakukan tidak hanya menggunakan mata uang tradisional yang didukung negara, tetapi juga melalui mata uang digital murni, mata uang virtual, aset virtual. Selain itu, sistem transfer m-bankingyang memungkinkan mata uang tradisional dipindahkan dengan cara baru mengalami adopsi yang cepat.


Hampir tidak ada yang berpendapat bahwa pemerintah tidak memiliki hak untuk melacak  transaksi keuangan digital yang terkait dengan kegiatan seperti korupsi, narkoba, ilegal mining, terorisme dan perdagangan manusia. Namun, masih kurang jelas bagaimana pemerintah dapat mengatasi tantangan teknis dan organisasi yang berat terkait dengan pendeteksian dan pemantauan transaksi ini. Solusinya akan membutuhkan kombinasi pengaturan mandiri, kolaborasi pemerintah-industri, dan perubahan teknologi dan budaya di dalam lembaga pemerintah.


Saya baca profile dari produk Ardatec. Perangkat lunas analitik risiko Fraud Sciences. Ini dikembangkan oleh Israel.  Alat ini sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI).  Transformasi digital global telah dipercepat dalam setahun terakhir. Peningkatan transaksi online telah membuat bisnis membutuhkan cara baru untuk membangun kepercayaan identitas digital secara real time dan memerangi masalah penipuan online yang terus meningkat. Alat ini mampu melacak dana haram yang tersamarkan lewat layering, utilize dan integration. Saya tersenyum. Good job George. ! Kata saya dalam hati.


Sampai di Bandara, saya dijemput Wenny dengan limo nya. “ Dua jam kedepan kita akan bertemu dengan team Israel. Mereka tunggu di Conrad. Saya udah sediakan Private room untuk minum dan cigar. “ kata Wenny. Saya diam saja. Tetap focus dengan agenda meeting.


***


“ B, apa kabar “ kata Hwang menyambut saya di lobi Conrad Hotel Dia Chairman SIDC.  “ Saya antar anda ke ruang meeting, dan setelah itu saya kembali ke kantor. “ Kata Hwang menuntun saya ke rung VVIP meeting room. Wenny kembali ke kantor


“ Wah kamu makin gemuk  B. Udah 2,5 tahun kita engga ketemu.” Kata Hwang.


“ Ya karena dimanjakan istri di rumah” Kata saya tersenyum.


“ Yang penting jangan lupakan your second home, China” Kata Hwang menepuk bahu saya. Saat sampai di ruang meeting. Dia membungkuk “  Saya undur diri B.” Katanya, saya mengangguk.


Ternyata di ruang meeting ada 3 orang. Tapi saya masuk, dua keluar dari ruangan. Hanya ada kami berdua. “ B” Kata saya memperkenalkan diri. 


“ Benjamin. Panggil Ben” katanya ramah. Usia sekitar 40 an. Wajahnya terkesan Arab Palestina. Matanya menatap kelangit langit dan keujung ruangan. “ tidak usah kawatir. Ini ruangan anti sadap.” Kata saya. Dia tersenyum.


“ Saya diminta George bertemu dengan anda. Apa yang perlu anda tanyakan.”


“ Saya sudah dapatkan semua informasi dari Geroge. Saya justru mau bertanya. Deal apa yang anda tawarkan kepada saya.”


“ Saya mau jual sistem  Ardatec itu”


“ Berapa ?


“ USD 670 juta.”


Saya tatap lama dia. Dan akhirnya saya menggelengkan kepala. “ Alat ini hebat dan sistem nya luar biasa. Tapi jelas tidak akan bisa masuk ke pasar komersial. Pemerintah pasti larang. Karena kalau menyatu dengan pusat data center ID, bisa membunuh orang sebelum mati.” Kata saya. Ben keliatan bisa mengerti. 


“ Saya perlu alat Ardatec “ kata saya. “ Tapi hanya 30 hari. Setelah itu saya kembalikan dan berharap anda musnahkan. Setelah itu saya bayar sesuai anda minta, USD 670 juta” 


Dia tersenyum. “ Sepertinya NATO, no alternatif to objection. “ katanya berdiri menyalami saya. “ Anda akan bergabung dengan team saya di Eropa. George akan arahkan anda. “ kata saya.


***

Seusai meeting. Wenny sudah menanti di lobi hotel. Dia mengantar saya ke bandara. “ B, pulang ?

“ Ke Manila dan setelah itu saya ke Jakarta.”

“ Yuni dan Risa engga tahu kamu ada di Hong Kong. “

Saya senyum aja seraya rangkul pundaknya. Wenny raba perut saya. “Sexy. Pria usia 60 yang sehat memang agak gemuk.” 


“ RUPS SIDC bulan februari tahun 2023, saya menjadi pengendali atas SIDC. Untuk posisi dewan direktur 2023- 2028 saya yang menentukan. Itu karena secound round penyelesaian utang selesai. Saya hanya kehilangan saham 30% di SIDC.“ 


“ Padahal tahun 2013, 100% saham kamu tergadaikan lewat hutang konversi untuk 10 tahun. Dua putaran pernyelesaian. Tahun 2018 dan tahun 2023. Tahun 2018, Hutang konversi menyusut  jadi 70% saham tergadaikan. Kini tinggal 30%. Dan kamu keluar sebebagai Pengendali. Proses yang boleh dikatakan bukan lucky. Tepatnya pertaruhan yang berani dan perhitungan yang presisi” Kata Wenny.


“ Oh ya. Dan Hwang tetap akan kamu petahankan pada posisi Chairman. James sebagai CEO” Tanya Wenny.


“ Ya. Mereka sahabat saya. Kamu tahu kan. “


“ Ya sudah seperti kakak adik. Mereka sangat loyal dengan kamu.”   Kata Wenny tersenyum. “ Wah saya harus nunggu setahun lagi untuk bisa sering ketemu kamu. Sekarang baru tahun 2022” Kata Wenny merapatkan duduknya. Wenny tidak bertanya urusan apa saya dengan Benyamin. Hwang jug tidak bertanya. Itu sudah kebiasaan mereka. Tidak kepoan. Hanya bicara apa yang menjadi tugas mereka.


***


Saat saya sampai di lobi hotel grand Hyatt Manila, Lona sudah menanti saya.  “ Selamat datang B. “ Katanya membungkuk. Saya memeluknya. “ Kamu sehat? 


“ Sehat sekali. “


“ Mari antar saya makan malam. “ Kata saya. Di dalam kendaraan Lona duduk  di samping saya. Kami pergi ke Quiapo.  Tempat yang terkenal dengan Gerejanya tapi juga tempat sibuk di Manila, yang enak untuk makan ala kaki lima. Saat sampai dekat Gereja. Kami keluar dari  kendaraan. Saya minta supir jemput saya setelah saya panggil. Kami jalan kaki ke CafĂ© De Chinatown.


“ Oh ya apa kerjaan kamu sekarang? tanya saya.


“ Uang dari kamu terakhir saya gunakan buka usaha penyewaan apartement dan kendaraan. Saya punya empat apartement dan 3 kendaraan. “


“ Wah bagus.”


Lona tersenyum, Dia merangkul lengan saya saat jalan ke restoran. “ Kamu, sudah baca email saya” 


“ Siap B. Sudah.”


“ Nah, saya pilih kamu jadi anggota Team, karena kamu jago IT. Pernah memimpin perusahaan Game Online. Kamu besok terbang ke Palma. Disana kamu akan bergabung dengan team Steven dan Victor. “ 


“ Siap! Tugas saya memungkinkan dapatkan code access routing ke server AML di Palma agar bisa di akses oleh perangkat lunak Ardatec untuk memblock uang dan aset haram?  Kata Lona dengan wajah sedikit kawatir akan tugas itu. 


“ Lona, salah satu kerusakan paling kritis dari uang gelap yang harus dipahami adalah efek negatifnya terhadap distribusi pendapatan. Dampak ekonomi yang ditimbulkannya memiliki konsekuensi sosial dan politik. Kecemburuan sosial. Peningkatan pengayaan individu dan kelompok tertentu menyebabkan degenerasi sosial. Orang merasa tidak takut lagi berbisnis ilegal, dan menganggap uang sangat penting daripada produksi real. Persaingan usaha jadi barbar. Pengusaha yang profesional dengan standar akuntabilitas tinggi ogah berbisnis dan frustrasi. Karena negara by design menciptakan para kriminal. “ Kata saya berusaha memberikan pencerahan kepada Lona sebagai cara memotivasi dia. 


“ Paham. Saya tahu apa yang harus dilakukan. “ Kata Lona. Saya peluk dia. “ Kalau kamu tidak siap. Engga apa apa. “ kata saya. 


“Saya sangat siap. Satu kebanggan bisa bergabung dengan team anda” Katanya dengan airmata berlinang. “ Tempo hari, Anda maafkan saya padahal kesalahan saya sangat fatal. Anda beri saya uang untuk melanjutkan hidup saya. Kalaulah bukan karena kelembutan hati anda, saya sudah di execusi mati oleh team Stevent. Sampai mati saya terus berhutang budi kepada anda, B” Lona menitikan air mata.


Usai makan malam. Saya kembali ke Bandara. Lanjut perjalanan pulang. Saya sudah minta Steven dan Victor di bertemu saya di Singapore.


***

Dari Bandara Changi saya langsung ke Mandarin. Saat masuk lobi sudah ada Stenven dan Victor. “ Kenapa disini. Kan enak di Marina bay” Kata Steven menyami dan merangkul saya. Dia serahkan kunci kamar ke saya. Dia yang atur akomodasi saya.


“ Lebih baik kita ke riverside. Ngobrol disana aja.” Kata saya.


“ B, Palma itu pusat data intelligent financial service dunia. Perangkat server ini digerakan oleh sistem canggih the company dibawah Patriot Act. Gimana kita bisa dapatkan akses. Lokasinya aja kita engga tahu. Kalaupun tahu, kita engga punya blue print gedung itu ” Kata Victor saat dalam kendaraan menuju riverside


“ Tom di NY dan Sanya di VA akan berikan informasi itu. Dia dalam team ini. “ Kata saya.  “ Ingat ya. Ketua team adalah George. Patuhi dia ”  Kata saya mengingatkan. mereka berdua mengangguk. Dan membungkuk.


Saya lanjutkan briefing mereka secara detail operation, lengkap dengan time schedule. Kami baru kembai ke hotel dini hari.  Paginya saya pulang ke jakarta. ya perjalanan semalam


***

Sebulan kemudian, saya dapat laporan dari George lewat Safenet “ The mission accomplished “ Katanya. “ B, Scoth mengucapkan terimakasih. Ternyata saya baru tahu bahwa misi ini untuk para orang tua di dewan 12 dan 1 anonymous.


Saya tidak komentar apapun.


“ Team sudah dibubarkan. Hak Benyamin sudah dibayar. Dan masing masing anggota team dapat uang sesuai arahan kamu. Apa lagi perintah kamu ke saya”


“ Good job. Kembali ke pos kamu. “ kata saya.


“ Siap B.”


***


Beberapa bulan kemudian beberapa bank besar di Eropa diguncang oleh skandal AML. Dan terus menjalar ke ASIA. Memang sebelumnya. Konspirasi antara pengusaha, elite dan penguasa telah mengakibatkan AML itu sulit terlacak. Kalaupun terlacak suit dilakukan penegakan hukum. Dengan data lalu lintas uang dan aset di seluruh dunia, DC punya kekuatan menggunakan Partriot act untuk memaksa the fed memberikan sanksi kepada setiap negara yang tidak patuh menegakan hukum TF-AML. Negara yang kena sanksi dipastikan kurs mata uangnya akan jatuh dan rezim pasti jatuh. Ya maklum the fed punya fitur Repoline, yang menjadi jantung bagi setiap negara mengamankan likuiditas dollar dan terjaga dari tekanan kurs mata uangnya. 


Issue dedolarisasi tak lain karena negara tidak siap transfarance dan penguasa korup terancam  kekuasaannya. The fed punya misi untuk new world order. Tatanan dunia baru, yang adil, transfarance dan mengutamakan perdamaian, kebebasan dan kesetaraan. Ya masa depan yang lebih baik. Walau terkesan utopia, tapi sebagai sebuah upaya itu lebih baik apalagi diriingi dengan doa siang dan malam.

7 comments:

Anonymous said...

Great.

Anonymous said...

Thanks

Anonymous said...

Why i feel Indonesia will ok, perhaps better if you around #stayhealty

Anonymous said...

sdh spt baca alur cerita film james bond... thks Sir

Anonymous said...

Thanks.

Anonymous said...

Mr. B... the best deh!

Anonymous said...

Keren abis

Siluet kekuasaan dan kemiskinan.

  “ Mengapa kapitalisme disalahkan ? tanya Evina saat meeting di kantor Yuan. Dia CEO pada perusahaan di Singapore. Dia sangaja datang ke J...