Friday, July 22, 2022

Siapa pembunuh sebenarnya?

 



Ketika China era presiden Hu Jintao, ada elite partai komunis namanya Bo Xilai, sekretaris jenderal Partai Komunis Tiongkok di Chongqing. Ayanya Bo Yibo, tokoh politik berpengaruh di China dan mantan Jenderal militer. Jadi Bo Xilai itu darah biru dalam elite partai  dan berpeluang  calon kuat presiden China berikutnya. Bo Xilai benar benar politisi ulung dan juga mantan menteri Perdagangan yang sukses. Jago diplomasi dan pasih bahasa inggris dan Perancis. 


Dia ingin membangun Chongqing menjadi kota percontohan. Ia menghidupkan kembali idealisme revolusi era Mao. Dia menyebut dirinya "haluan kiri baru”. seperti dulu Mao meledakan revolusi kebudayaan. Bo mengkampanyekan perang melawan kejahatan terorganisir. Sekitar 5000 orang ditahan dalam operasi anti mafia. Beberapa sudah dieksekusi hukuman mati, termasuk bekas kepala kepolisian Chongqing. Kampanye ini disambut warga setempat. Juga di kalangan elit politik. Lima dari sembilan anggota tetap politbiro datang ke Chongqing dan memberikan penghormatan atas kerja Bo.


Bo ingin bisa lebih mengendalikan masalah kesenjangan antara kaya dan miskin, serta korupsi yang merajalela dengan pengawasan negara yang ketat. Ini bertentangan dengan strategi Perdana Menteri Wen Jiabao. Tidak heran, Wen Jiabao tidak berkunjung ke Chongqing. Mengapa? Wen Jibao yang muslim itu tidak ingin masalah hukum, menjadi balas dendam. Kesenjangan itu harus diselesaikan lewat pedang hukum, bukan bedil.


“ Ceritakan kepada saya tentang Bo Xilai” Kata saya kepada Wenny satu waktu ketika dalam perjalanan dari London ke Hong Kong.


Bo, rising star. Kata Wenny. Semua orang percara the next president adalah Bo Xilai. Dia punya pesaing hebat yaitu Xijinping, yang sekretaris partai Shanghai. Xi berbeda dengan Bo. Xi lebih suka bekerja saja dan hemat bicara. Xi beprestasi fenomenal dalam acara olimpiade musim panas Beijing tahun 2008. Melaksanakan World Expo di Shanghai. Sukses membersihkan Shanghai dari skandal fraud pasar modal dan menjadikan Bursa shanghai punya reputasi international. 


Bo berusaha terus menarik simpatik masyarakat. Dia lanjutkan kampanye anti Jepang di sentero China. Terjadi demo amuk massa kepada bisnis Jepang. Polisi berusaha mengurangi kerusakan dari aksi massa itu. Namun tidak bisa berbuat banyak atas provokasi Bo. Bo semakin mendapat tempat di hati rakyat. Namun pada waktu bersamaan semakin membuat resah kelompok moderat dari binaan Dengxioping di elite partai komunis China. Mereka tidak mau China kembali ke era Mao dan menghancurkan apa yang sudah dicapai.


Satu waktu ada berita pengawal pribadi istri Bo Xilai, Gu Kailai,  tewas lompat dari gedung tinggi. Rumor beredar, dia stress soal hutang keluarganya. Namun  istri pengawalnya  mengatakan bahwa  suaminya tidak punya hutang personal. Ada juga rumor soal politik. Bahwa istri Bo terlibat affair dengan pengawalnya. Itupun ditepis oleh istri pengawal. Bahwa suaminya sangat setia. Sangat menghormati boss nya. Itu tidak mungkin. Kasus itu hilang begitu saja. 


Lain waktu pengusaha asal Inggris bernama Neil Heywood meninggal di kamar hotel  usai makan malam dengan Gu Kailai. Semua tahu bahwa Neil sangat dekat dengan Gu Kailai. Mereka bermitra dalam bisnis. Maklum Gu Kailai adalah istri dari Bo Xilai elit partai. Hasil penyelidikan  Neil meninggal karena jantung. Semua orang anggap biasa saja berita itu. Namun keadaan itu membuat Bo semakin populer. Berita soal istrinya semakin melambungkan namanya.


Satu waktu ada kepala kepolisian Wang Lijun datang ke konsulat Amerika di Chengdu, 300 km dari Chongqing, berpakaian sebagai perempuan tua. Wang memiliki bukti akan keterlibatan istri Bo, Gu Kailai, dalam pembunuhan pengusaha asal Inggris Neil Heywood.  Dia kawatirkan nyawanya. Dia tidak percaya dapatkan perlindungan dari aparat China. Karena Menurut Wang, Bo mengamuk setelah dilaporkan bahwa istrinya ada dibalik pembunuhan itu. Wang dipecat Bo dari jabatannya. Wang khawatir akan keselamatan nyawanya. Namun AS tidak mau terlbat urusan dalam negeri China.


Tapi media massa inggris tidak bisa dibungkam. Berita tetang kematian Neil Heywood viral di media massa dan sosial media. Rakyat china tidak mau komen apapun. Maklum ini menyangkut istri elit partai. Pada kongress rakyat di  Parlemen. Perdana Menteri Wen Jiabao. bicara keras soal kasus itu. Alasannya reputasi China hanya bisa terjaga apabila hukum tegak. Kalau hukum diragukan, maka akan menimbulkan distrust terhadap Partai Komunis CHina. Partai harus menjaga disiplin hukum demi reputasi pemerintah dan negara di dalam dan di luar negeri.


Atas dasar itu, Xijinping diminta jadi ketua team khusus yang dibentuk Perdana Menteri, Wen Jiabao. Itu karena Xijinping sukses memimpin pembersihan Elita PK China di Shanghai yang terlibat dalam fraud pasar modal. Xi jinping mengundang Polisi Inggris untuk bekerjasama melakukan investigasi kematian Neil Heywood. Kuburan Neil dibongkar lagi. Otopsi dilakukan ulang. Hasilnya memang Neil mati karena racun arsenik. Demikian cerita wenny.


“ Oh..tragis..terus”


“ Masalahnya walau ada bukti kematian Neil karena racun tapi tidak ada bukti hukum siapa yang meracuni Neil Heywood. Satu satunya yang tahu adalah pengawal Istri Bo Xilai. Karena kematian itu setelah makan malam dengan istri Bo Xilai. Tapi pengawalmya sudah mati “ Kata Wenny. 


“ Jadi bagaimana bisa tahu siapa pelakunya?


“ Dalam tekhnik investigasi. Kan banyak cara untuk tahu siapa pelaku pembunuhan. “ kata Wenny tersenyum


“ Apa itu? tanya saya.


“ Ya motive. “ Wenny tersenyum. “Mengapa sampai Neil harus terbunuh? Kemudian tanya lagi, mengapa pengawalnya bunuh diri? Kata wenny.


“ Terus..”


“ KPK China dan FSA Inggris dilibatkan oleh Polisi untuk melakukan investigasi kekayaan Neil Heywood. Hasil investigasi diketahui bahwa ada banyak rekening terhubung dengan Neil Heywood, yang tidak sesuai dengan kekayaan realnya. Uang itu sudah berpindah ke rekening perusahaan cangkang di Swiss. Rekening cangkang itu ternyata terhubung dengan istri  Bo Xilai. Yang atur pemindahan uang itu adalah pengawalnya Team investigasi menyimpulkan bahwa  Neil Heywood dibunuh untuk menghilangkan jejak asal usul uang. Maklum saat itu, Bo Xilai sedang rising star calon presiden China. Agar jalan menuju  China 1 mulus, ya harus bersih dari korupsi langsung maupun tidak lansung .” kata Wenny. 


“ Jadi politik ?


“ Ya.”


“ Terus?


“ Bulan Agustus 2012 istri Bo Xilai, Gu Kailai  dinyatakan bersalah atas pembunuhan Neil Heywood. Gu Kailai dijatuhkan hukuman mati. Proses pengadilan hanya berlangsung selama tujuh jam dan lebih banyak menutupi fakta dibanding mengungkap fakta baru. Maklum kalau terus berkembang kasusnya. akan banyak elite partai china yang masuk penjara. Xi Jinping tidak mau membakar ladang hanya karena satu tikus. Tapi karena itu gerbong pendukung Bo Xilai pindah ke Xi Jinping yang akhirnya memuluskan jalan Xijinping  jadi Presiden China. Ya politik” 


“ Bagaimana dengan Bo Xilai sendiri?


“ Diberhentikan secara tidak hormat sebagai elite partai Komunis CHina. “


“ Tidak dipenjara ?


“ Engga.”


“ Mengapa?


“ Di pengadilan Istrinya Gu Kailai mengakui sebagai pemnbunuh Neil tapi menyangkal keterlibatan suaminya. Dia mengakui bahwa suaminya tidak tahu kelakuannya membunuh dan termasuk memerintahkan membunuh pengawalnya. “ kata wenny. “ Soal benar atau engga, itu soal lain. Tapi Gu Kailai sudah membuktikan kesetiaannya kepada suaminya. Dia lebih baik mati untuk melindungi kehormatan suaminya. Wala suaminya sendiri menyebutnya wanita gila di hadapan pengadilan. Itulah harga cinta kepada suami yang harus dia bayar.” Lanjut Wenny.


“ Terus gimana nasip Wang Lijun, yang pertama kali bocorkan kasus kematian Neil ? Tanya saya penasaran.


“ Dia dihukum mati karena melanggar hukum, menyalahgunakan kekuasaan, melarikan diri dan korupsi. Tetapi belakangan hukumannya diganti jadi penjara 15 tahun dan kerja paksa 5 tahun. Ia menerima keputusan tersebut.”

No comments:

Hipokrit tersembunyi

  “ Sebaiknya tunda aja dulu kepergian ke Pyongyang” Kata Chang. “ Korea Utara salah satu negara yang paling tertutup di dunia. Mereka menga...