Friday, January 19, 2024

Utang rahasia



“ Analisis dampak lingkungan untuk proyek LNG Area 1 Mozambik dilakukan antara tahun 2011 dan 2014. Tapi dipastikan pemerintah Mozambik setuju untuk rencana pengembangan LNG Area 1 itu.” Kata Kumar di London saat musim dingin tahun 2013. “ B, apa anda bisa bantu agar group kami dapat ikut dalam konsesi proyek itu.” Pinta Kumar.  Dia tahu, saya sudah lebih 1 tahun berburu konsesi Rare earth atau logam tanah jarang di Monte Muambe , di barat laut Mozambik. “ Tentu anda punya network di kalangan elite  politik.  Bantulah saya. “ Pintanya.


“ Saya juga semakin tersudut. Karena biaya melayani elite sangat mahal. Belum lagi perlu waktu sedikitnya 15 tahun untuk sampai dapatkan data proven sumber daya dan riset elemen logam tanah jarang. Selama itu saya harus mau terus jadi ATM elite. Petualangan yang sangat mahal” Kata saya. Kumar berwajah stress dan lelah. Saya tahu berbisnis di negara yang korup memang engga mudah. Tetapi demi dapatkan sumber daya, ya harus dilakukan.  


“ Kementrian keuangan perlu dana pinjaman rahasia. Apa kamu bisa atur lewat perbankan “ Kata Kumar lagi. Itu artinya pinjaman legitimate lewat persetujuan parlemen namun tidak terdaftar sebagai utang valas. “Trade off nya dari konsesi sumber daya migas itu? Kata saya menyipitkan mata. Kumar mengangguk.  Entah mengapa otak reptil saya langsung bangkit. Ah ini jalan ninja saya dapatkan sumber daya logam tanah jarang. Daripada saya jadi ATM mereka terus, lebih baik saya beri mereka peluang dapatkan sumber daya keuangan rahasia dengan trade off sumber daya Alam, sehingga dalam proses itu saya bisa dapat take advantage dan juga kontrol terhadap elite politik.


“ Saya akan atur pertemuan dengan Top level pemerintahan. Kita mainkan permintaan mereka” kata saya.  Saya memang dekat dengan Putri Presiden, Valentina Guebuza. Kumar senang. Rencana Sebulan kemudian pertemuan diadakan di London. Saya akan lead proses pinjaman rahasia itu dengan menunjuk team konsultan keuangan di London.


***

Saya terbang ke Moscow pada bulan Januari menggunakan private jet. Sampai di Bandara Internasional Vnukovo, Jellian dan Victor menjemput saya dengan limo. Dalam perjalanan menuju Baltschug Kempinsk hotel, saya briefing mereka. 


“ Standar kepatuhan Bank di London sangat ketat. Apalagi berkaitan dengan pinjaman kepada rezim berkuasa lewat SPVC. Saya harus melewati skema yang rumit. Keberadaan VTB sebagai Bank kedua terbesar di Rusia sangat strategis mendukung skema pembiayaan ini. VTB juga tidak ada resiko karena mereka hanya sebagai channeling bank dari offshore fund. Yang pasti dengan bergabungnya VTB akan memudahkan proses due diligent oleh otoritas London. Akhir bulan ini para Menteri dari Mozambiek akan datang ke London. Kita punya orang di ring 1 presiden “ Kata saya. 


“ Tugas kamu Jellian kuasai mereka sebelum rapat diadakan. Dan tugas kamu victor pastikan VTB ikut dalam konsorsium” Kata saya direction mereka.


“ Saya siap berangkat ke London besok dengan pesawat komersial. “Kata Jellian.


“ Good.” kata saya. “ Kamu, victor ? lanjut saya ke victor.


“ Saya pastikan VTB ikut gabung dalam konsorsium pembiayaan di London. Besok account offshore kita di Budapest saya pindahkan ke  VTB. Saya hanya perlu waktu 3 hari untuk itu semua. Toh VTB hanya channeling bank” Kata victor.


“ Good.” kata saya tersenyum.  Sampai Hotel saya sholat ashar di gabung dengan Lohor. Malamnya saya bersantai dengan Jellian dan Victor. 


***
Dari Moscow saya terbang ke Beijing. Di bandara saya dijemput oleh Salma kepala perwakilan SIDC Beijing. “ Jam 7 malam kamu makan malam dengan Ketua CIS Research Institute Group” Kata Salma. “ Saya yakin riset logam tanah jarang di Afrika itu bisa berlangsung lebih cepat. Yang pasti hasil drill di wilayah barat laut Mozambiek itu sangat besar potensinya. “ Katanya menyimpulkan hasil analisa kerja teamnya terhadap sumber daya logam tanah jarang di sana.


“ Makan malam nanti hanya menegaskan kepada CIS Research Institute Group kita serius menggarap logam tanah jarang di konsesi super raksasa di sana. Semua proses sudah selesai.  Tapi dia hanya perlu bertemu dengan kamu” kata Salma. Saya mengangguk. Entah mengapa saya perhatikan sejak dia dipindahkan ke SIDC Beijing dari Astana, dia semakin cantik. 


“ Saya sangat senang kalau kamu bisa bermalam di Beijing dan tinggal di apartement saya” katanya dengan tersipu. “ Mungkin lain kali. “ Kata saya membelai kepalanya.” Saya harus terbang malam ini ke New York untuk atur konsolidasi dana pembiayaan proyek. “ kata saya Dia merabahkan kepalanya di pundak saya. “ Lama sekali menanti untuk hanya sekedar mengulang kebahagiaan yang pernah saya rasakan 3 tahun lalu di Atana” katanya berbisik. 


Makan malam berlangsung dengan sukses. Risa sebagai CEO SubHolding SIDC Hightech sengaja darang dari Shanghai untuk hadir dalamn makan malam ini. Presentasi dia soal potensi bisnis dibalik kerjasama SIDC dan CIS sangat memukau “ Kami pastikan besok naskah kerjasama sudah bisa ditanda tangani “ kata Chairman CIS. Saya tersenyum cerah menyalaminya. Besok Salma akan mendapingi Risa dalam acara tanda tangan perjanjian kerjasama Maka lengkaplah skema bisnis saya. 


“ Kamu pastikan siap terbang kalau ada panggilan dari Jellian di London. Dia akan atur kamu bertemu dengan Top Level pemerintah untuk dapatkan konsesi logam tanah jarang di mozambik. Kita punya koneksi bisnis, Putri Presiden, Valentina Guebuza. Tenang aja“ Kata saya.


“ Siap, B” kata Salma saat antar saya ke Bandara international Beijing menuju New York. Risa bisa maklum kalau dia tidak bisa ikut saya ke Bandara. Karena yang mengatur trip saya adalah LO SIDC.


***

Dalam kendaraan dari bandara ke Hotel,  Tom, CEO menegement Aset dari SIDC berkata kepada saya “  Saya sudah bicara dengan trader LNG yang terafiliasi dengan Fink. Mereka siap memberikan financial guantee sebagai dasar Final investment decision. “ 


“ Mengapa ? kata saya mengerutkan kening.


“ Mereka sudah ada pembicaraan dengan Indonesia yang siap long term kontrak SPA  untuk LNG Area 1 Mozambik itu. Mereka hanya berharap fee broker aja. “ kata Tom. 


Malamnya saya makan malam dengan trader LNG. Mereka antusias sekali dnegan sumber daya LNG di Mozambiek. Di perkirakan biaya investasi akan mencapai USD 25 miliar. Memang raksasa sumber dayanya. 


Dari New York saya kembali ke Jakarta. Saya tugaskan Tom bergabung dengan Victor, Jellian, Salma dan tentu George. Semua bertarung menyelesaikan misi sesuai tugas nya masing masing. 


***

Saya dapat laporan. Tom berhasil meyakinkan CS bergabung dalam konsorsium VTB untuk memberikan pinjaman rahasia kepada pemerntah Mozambiek. Nilainya USD 2 miliar. Rencana pinjaman ini akan dilakukan berulang-ulang agar rezim bisa terus berkuasa. Kumar berhasil dapakan saham 20% dari konsorsium lapangan LNG itu. SIDC berhasil dapatkan kontrak konsesi tambang logam tanah jarang. 


Yang membuat saya terkejut adalah laporan dari team shadow, Jellian. “ dalam perjanjian pencairan dana underlyng nya untuk pengembangan sumber daya bahari tetapi ternyata designated accoun bukan kepada perusahaan negara. Uang mengalir ke perusahaan offshore dan terus ke rekening pribadi dari para elit.” Kata Jellian. Maklum dia sudah sangat akrab dengan elite penguasa Mozambiek. Mudah dia dapatkan informasi rahasia. Ya mana ada pria bisa tutup rahasia diatas perut perempuan. 


Wah ini bahaya. Bersembunyi dari otoritas  negara engga sulit. Tetapi bersembunyi dari IMF itu sulit. Kalau iMF tahu, ini bisa jadi skandal. Apalagi kekuasaan presiden Mozambik Armando Guebuza sebentar lagi berakhir. Engga ada jaminan yang berkuasa berikutnya adalah partai yang sejalan dengan dia. Kalau oposisi yang menang. Anak anaknya yang tadinya jadi pintu gerbang menjarah SDA akan masuk penjara.


Saya segera telp Risa. “ Sa, tunda dulu SIDC ajukan konsesi logam tanah Jarang di Afrika. Kamu masuk Plan B. Beli  dulu perusahaan yang terdaftar di London. Mereka juga sedang riset logam tanah jarang tapi kekurangan sumber daya dan dana” Saya mengirim file nama perusahaan target yang  dimaksud. Sebelumnya saya sudah tekan alarm kepada semua team di shadow di Eropa dan AS untuk gerak cepat akuisisi perusahaan itu. Dua bulan sudah selesai.Selanjutnya perusahaan itu yang akan ajukan izin konsesi di Mozambiek. Mengapa ? hukum British sangat kuat melindungi perusahaan nasionalnya. Karena memang inggris negara besar karena kolonial. Mereka berpengalaman menjarah sumber daya alam.


Benarlah. Setahun setelah konsesi tambang logam tanah jarang didapat. Tahun 2016 harga gas terus turun. Pengembangan ladang gas di Mozambik tertunda. Akibatnya trader batalkan Jaminan utang rahasia itu senilai USD 2 miliar itu. Kreditur bank tagih kepada pemerintah Mozambik untuk bayar. Dan akhirnya berita sampai ke publik. Pecahlah bisul yang ditutupi rapat sejak dua tahun lalu. IMF, dan negara-negara lain banned bantuan dan pinjaman mereka. Karena dianggap memanifulasi kurs lewat hidden loan valas. Kurs metical, terdevaluasi secara drastis. Pada tahun itu juga Valentina Guebuza meninggal karena KDRT. 


Mozambik telah mengalami gagal bayar (default) atas pinjaman tersebut, sehingga jatuh ke dalam krisis keuangan yang lebih parah pada tahun 2017. Pada tahun 2019, beberapa eksekutif CS mengaku bersalah atas keterlibatan mereka dalam skema tersebut, dengan mengakui tuduhan pencucian uang. Pada tahun 2021, CS didakwa denda sebesar £350 juta oleh otoritas.Beberapa anggota partai politik Mozambik, Frelimo, juga diadili dan menghadapi hukuman lebih dari 10 tahun penjara, termasuk putra mantan presiden, Ndambi Guebuza. 


Sementara Proyek LNG walau keputusan investasi akhir diumumkan pada bulan Juni 2019. Proyek senilai USD 25 miliar ini dihentikan pada tahun 2021 setelah serangan pemberontak terhadap warga sipil. Tidak ada kepastian kapan akan dilanjutkan pembangunannya. Sehingga kontrak SPA dengan Indonesia juga dibatalkan dengan alasan force majeur. Padahal kalau tidak ada force majeur, Indonesia tidak bisa terminate SPA itu tanpa bayar finalty fee dan resiko menghadang karena belum ada solid buyer untuk antisipasi SPA itu. Ya blessing in disguise.


Sementara SIDC sejak tahun 2015 setelah exit lewat perusahaan terdaftar di London untuk konsesi logam tanah jarang di Monte Muambe , sudah tidak lagi terlibat dalam lingkaran skandal itu.  Sebelum skandal terjadi, Dana offshore SIDC di bailout oleh Kumar anggota konsorsium LNG. 


***


Oktober 2023 unit business SIDC pemegang konsesi logam tanah jarang, berhasil menemukan elemen logam tanah jarang dengan deposit sangat layak di tambang. Secara keseluruhan, proyek ini diperkirakan mempunyai umur tambang selama 18 tahun. Operasi ini akan menampilkan proses pemulihan dua tahap, yang terdiri dari kominusi dan flotasi , diikuti oleh hidrometalurgi. Konsentrat takan diproses melalui pabrik hidrometalurgi untuk menghasilkan rata-rata 15.000 t/y MREC. Proses hidrometalurgi akan melibatkan pelindian gangue asam lemah, diikuti dengan pelindian dan pemurnian tanah jarang.  


Saya bertemu Salma di Jakarta desember 2023. Di Grand Hyatt. Karena dia  baru ditunjuk oleh Risa sebagai CEO Unit Business industri rare earth “ Apakah kamu dan semua yang terlibat dalam pinjaman rahasia itu tidak merasa berdosa karena telah mengakibatkan kekacauan politik akibat korupsi yang gigantik. Yang korban rakyat banyak” kata Salma.  Saya hanya menyipitkan mata dan termenung “ Maafkan saya kalau kata kata saya menyinggung perasaan kamu” kata Salma. Dari tadinya duduk di tempat tidur dia pindah ke sofa sebelah saya.


“ Engga apa apa. Saya suka kamu ingatkan itu. “Kata saya dengan tersenyum. “ Nah tugas kamu pastikan keberadaan unit business SIDC disana mensejahterakan rakyat. Pastikan transner tekhnologi terjadi. Perbaiki standar upah dan pastikan mayoritas pekerja adalah warga lokal”Kata saya. 


“ Siap B. Saya akan lakukan perintah itu” Kata Salma. Dia menyandarkan kepala ke pundak saya. “ Tangan perkasa ini yang jadi otot ratusan ribu pekerja “ Kata Salma sentuh lengan saya. “ dan pria pelamun dan pendiam seperti inilah yang jadi inspirasi bagi semua eksekutif sehingga takut berbuat salah dan gagal.” Lanjut Salma. Saya tersenyum dan membelai kepalanya.

No comments:

Uang kuliah Mahal...

  Saya ada janji dengan teman banker untuk meeting di sebuah Hotel. Dengan menggunakan taksi saya menuju tempat meeting itu. Saya merasakan ...